Lapindo Brantas - Environment

Lingkungan Hidup & Kegiatan Kemasyarakatan

Pengelolaan Dampak Lingkungan/Waste management

Secara berkala LBI selalu melakukan kontrol yang ketat, baik terhadap limbah cair maupun maupun padat. Sisa limbah yang dihasilkan dari kegiatan operasi LBI akan diinjeksikan ke sumur yang sudah tidak aktif berproduksi.

Dalam pelaksanaanya, untuk jenis limbah B3 yang berhasil ditampung, akan kita transportasikan ke tempat pihak pemusnah limbah (yang saat ini kami dalam kontrak kerja sama dgn P3LI) untuk diproses lebih lanjut, sehingga dampaknya tidak akan merugikan masyarakat setempat maupun merusak lingkungan sekitar area operasi kami.

 

Program Pengembangan Masyarakat

Sebagai wujud tanggung jawab sosial Lapindo Brantas, Inc. terhadap masyarakat yang tinggal di sekitar daerah operasinya, LBI ingin senantiasa hidup berdampingan dan berkembang bersama masyarakat di wilayah manapun LBI beroperasi. Tujuannya adalah untuk membangun wilayah setempat serta memajukan masyarakat sekitar di bawah payung program tanggung jawab sosial perusahaan atau biasa disebut corporate social responsibility/CSR dengan membina hubungan yang saling bermanfaat bagi kedua pihak. Bersama dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder), LBI melakukan pengembangan masyarakat setempat agar mereka bisa meningkatkan kualitas hidupnya.

Empat pilar utama dari kegiatan CSR LBI terdiri dari:

  1. Pemberdayaan Masyarakat dengan ragam aktivitas yang terdiri dari menyelenggarakan pelatihan bordir; menyelenggarakan pelatihan membuat sepatu; menyelenggarakan pelatihan pembuatan puzzle; dan memberikan bantuan pengembangan Koperasi Unit Desa (KUD).
  2. Perbaikan Infrastruktur yang aktivitasnya terdiri dari perbaikan dan peningkatan kualitas jalanan desa; perbaikan saluran irigasi; perbaikan saluran drainase desa; dan penerangan jalan desa.
  3. Pendidikan dan Kesehatan dengan kegiatan berjalan termasuk melaksanakan kegiatan renovasi sekolah; pemberian beasiswa bagi murid berprestasi; penyuluhan kesehatan; penyuluhan dan pencegahan penyakit demam berdarah; kegiatan donor darah; dan khitanan massal.
  4. Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial dengan kegiatannya mencakup pembangunan sumur artesas; renovasi balai desa; renovasi sarana ibadah; dan renovasi sarana olahraga.

 

responsibilities lapindo
Close